Jenis-jenis Awan

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis kafe di kampung halaman saya cukup pesat. Sejak kembali ke kampung halaman, saya melihat banyak sekali kafe baru.

Gambar hanya pemanis

Siang ini saya bersama teman-teman memutuskan untuk “meetup” dan berdiskusi di salah satu kafe yang bernama Umeko Coffee yang terletak di tepi Jl. Johar (dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan). Awalnya kami berniat untuk membahas sebuah program sebagai aktualisasi diri dan bentuk pengabdian kepada negara (lebay).

Namun, kami terdistraksi dengan sebuah fenomena alam yang bagi kami cukup “aneh”. Jadi, saat itu kami memilih tempat duduk outdoor dengan pertimbangan dimensi ruang yang lebih luas dan sirkulasi yang lebih baik. Tiba-tiba, di tengah terik matahari, hujan pun turun. Hal yang membuatnya unik (aneh) adalah hujan tersebut hanya turun di suatu titik tertentu dengan perkiraan diameter 5 meter, sedangkan di area sekitarnya kering dan tidak diguyur oleh hujan. Karena peristiwa unik tersebut, pembicaraan kami pun semakin liar dari yang awalnya terkait program untuk masyarakat hingga obrolan terkait fenomena cuaca, “flat earth”, konspirasi, “freemason”, “illuminati”, hingga kembali lagi ke fenomena hujan lokal yang unik tersebut.

Dua orang teman bertanya kepada saya terkait fenomena cuaca dan jenis-jenis awan. Saya pun coba “me-recall” pengetahuan yang pernah saya pelajari saat SMA, sudah di ujung lidah, namun tak bisa terucap. (alias lupa, ribet amat) Akhirnya saya gregetan untuk menulis artikel tentang jenis-jenis awan ini.

Continue reading “Jenis-jenis Awan”