Warna Langit

Percakapan virtual malam itu, kami membahas topik ringan melalui aplikasi WA. Lawan ngobrol saya ini adalah jenis manusia di luar distribusi normal, beliau memiliki banyak kontribusi untuk negara. Dari Kalimantan hingga ke ujung timur Indonesia, Papua, Nusa Tenggara telah dilalui yang mana tidak sekedar untuk rekreasi belaka namun sebuah amanah dan tugas dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui gerakan program NGO kemanusiaan yang bekerja sama dengan pemerintah.

Kalau saya bahas kiprah beliau akan membutuhkan sesi khusus yang bisa dijadikan 1 buku biografi, jadi kita kembali lagi ke percakapan WA. Saat itu kami terjebak dalam sebuah obrolan terkait cuaca, mengenai hujan dan jenis-jenis awan (terinspirasi dari artikel sebelumnya). Beliau mengirimkan saya beberapa foto langit dan awan, ternyata di daerah Nusa Tenggara Timur dengan iklim tropis kering dan musim kemarau yang panjang memiliki pemandangan langit yang cukup jernih, kadangkala tidak tampak awan di langit. Pemandangan langit biru nan jernih tersebut saya nikmati melalui foto yang dikirimkan secara digital ke telpon genggam saya. Terpesona oleh langit yang “biru banget”, saya pun terinspirasi dan terpancing untuk membahas “kenapa langit berwarna biru?”

Langit biru banget (dokumentasi beliau)

Tahukah anda? (supaya kayak tulisan-tulisan edukasi sains)

Continue reading “Warna Langit”